Sunday 8 November 2015

Konfigurasi Incoming Mail Server Odoo

incoming_mail_odoo

Odoo memiliki modul Messaging yang dapat digunakan untuk beinteraksi antar user internal sesama pengguna sistem aplikasi ini. Disamping itu Odoo juga telah dilengkapi fitur berkomunikasi dengan menggunakan akun email masing - masing user.

Dengan fitur ini user dapat mengirimkan email dan menerima email dengan mudah melalui Odoo tanpa harus menggunakan aplikasi 3rd party lainnya seperti Thunderbird, Outlook dan sebagainya.





Sebelumnya ada 2 konfigurasi untuk membuat Odoo dapat berkomunikasi menggunakan akun email langsung dari Odoo, yaitu :
  1. Incoming Mail Server
    Incoming Mail Server adalah konfigurasi yang dibuat untuk Odoo dapat menerima email dari luar.
  2. Outgoing Mail Server
    Outgoing Mail Server adalah konfigurasi yang dibuat untuk Odoo dapat mengirimkan email keluar.
Pada tutorial ini kita akan mencoba melakukan konfigurasi Incoming Mail Server pada Odoo. Penulis akan mencoba mengirimkan email dari akun pertama ke akun kedua dan kemudian akan otomatis masuk kedalam sistem Odoo.
  1. Konfigurasi Alias Domain
    • Go to Setting  > General Setting > Alias Domain
    • Masukan nama Alias Domain.
  2. Konfigurasi Alias Name
    • Go to Setting Technical > Email > Alias
    • Buat alias name untuk masing - masing user account
    • Set Aliased Model menjadi Email Thread dan Parent Model menjadi Message.
  3. Konfigurasi Incoming Mail Server
    • Go to Setting > Technical > Email > Incoming Mail Servers
    • Create record baru dengan memasukan username dan password akun email user / pengguna.
    • Silakan cari konfigurasi mail server masing - masing email anda karena kongurasi untuk tiap penyedia layanan berbeda satu dengan lainnya. Contoh diatas saya menggunakan akun Gmail saya dengan konfigurasi sebagai berikut :
      • Name : Gmail (untuk nama ini bebas)
      • Server Type : POP Server (silakan di sesuikan dengan kebutuhan apakah menggunakan POP atau IMAP)
      • Server Name : pop.gmail.com (karena saya menggunakan POP)
      • Port : 995 (default port POP Gmail)
      • SSL/TLS : Enable
      • Username : marioardi94@gmail.com (silakan isi dengan email anda masing - masing)
      • Password : ***** (silakan isi password anda masing - masing)
    • Jika telah selesai silakan Save dan klik tombol Test & Confirm. Jika konfigurasi anda benar maka akan muncul tampilan seperti berikut.
  • Tombol Fetch Now akan tampil pada pojok kanan atas dan status Confirmed menandakan bahwa konfigurasi Incoming Mail Server telah berhasil dilakukan.
    • Jika muncul pesan error seperti berikut, silakan lakukan konfigurasi pada layanan email masing - masing (Gmail, Yahoo, dll) untuk mengizinkan email diakses melalui POP atau IMAP. Letak masing - masing menu berbeda tergantung pada layanan email masing - masing.
    • Contoh konfigurasi enable fitur POP dan IMAP pada Gmail.
  1. Link User Account to Alias Name Odoo
    • Go to Setting > Users > User > Select User
    • Masukan Messaing Alias dengan Alias Name yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada tab Preferences.
  2. Testing Retrieve Email
    • Saya mencoba mengirimkan email menggunakan akun Gmail rekan saya dan menuliskan beberapa teks. Email saya kirimkan ke marioardi94@gmail.com
    • Tunggu beberapa saat dan silakan cek pada menu Messaging akan muncul pesan masuk yang baru dikirimkan.
Secara default Odoo akan melakukan Fetching Email atau mengambil email dari server per 5 menit Ini dapat di atur melalui Setting > Technical > Automation > Scheduled Action > Fetchmail Service.

Sekian tutorial konfigurasi Incoming Mail Server pada Odoo. Tahap selanjutnya yang akan penulis bahas mungkin untuk konfigurasi Outgoing Mail Server agar pengguna Odoo dapat mengirimkan email secara langsung melalui Odoo.

1 comment:

Thanks for your comment in this article :)